Desain Grafik
Pengertian Desain
& Pemodelan Grafik
Desain
pemodelan grafik merupakan suatu proses penciptaan suatu obyek baru dengan
menggunakan software dan melalui beberapa tahapan, yakni membuat, menyimpan dan
memanipulasi model dan citra. Desain pemodelan grafik terdiri dari 3 kata,
yaitu “Desain”, “Pemodelan”, “Grafik” dengan memiliki arti sbb :
Desain
Seni terapan, arsitektur dan pencapaian kreatif
lainnya.
PemodelanPola/contoh dari sesuatu yang akan dibuat atau dirancang.
Grafik
Pengungkapan dan perwujudan dalam bentuk huruf, symbol, dan gambar dengan melakukan proses pencetakan.
Prinsip dan Unsur Desain
Grafik
Prinsipnya :
. Kesederhanaan
Banyak
pakar desain grafis menyarankan prinsip ini dalam pekerjaan desain.
b. Keseimbangan
Keseimbangan
adalah keadaan atau kesamaan antara kekuatan yang saling berhadapan dan
menimbulkan adanya kesan seimbang secara visual.
c. Kesatuan
Kesatuan
adalah kohesi, konsistensi, ketunggalan atau keutuhan yang merupakan isi pokok
dari komposisi.
d. Penekanan (Aksentuasi)
Dimaksudkan
untuk menarik perhatian pembaca, sehingga ia mau melihat dan membaca bagian
desain yang dimaksud.
e. Irama (Repetisi)
Irama merupakan selisih antara dua wujud yang
terletak pada ruang serupa dengan interval waktu antara dua nada music beruntun
yang sama.
a. Garis (Line)
Sebuah garis adalah
unsur desain yang menghubungkan satu titik poin dengan titik poin lainnya
sehingga bisa berbentuk gambar garis lengkung (curve) atau lurus (straight).
b. Bentuk
(Shape)
Bentuk adalah sesuatu
yang memiliki diameter tinggi dan lebar.
c. Huruf (Character)
Sesuatu yang
dipresentasikan dalam bentuk visual yang dapat digunakan untuk membentuk sebuah
tulisan sebagai Bahasa verbal dengan bentuk visual langsung seperti A, B, C
dll.
d. Simbol
(Symbol)
Sesuatu yang
dipresentasikan dalam bentuk visual yang mewakili bentuk benda secara sederhana
dan dapat dipahami secara umum sebagai lambang untuk menggambarkan suatu bentuk
benda nyata. Misalnya gambar orang, bintang, bulan matahari dalam bentuk
symbol. Bukan dalam bentuk nyata (dengan detail).
e. Bentuk Nyata (Form)
Bentuk ini nyata dan
mencerminkan kondisi fisik dari suatu obyek. Seperti gambar manusia secara
detail, hewan dan benda lainnya.
f. Tekstur (Texture)
Teksture adalah tampilan
permukaan dari sutau benda yang dapat dinilai dengan cara dilihat atau diraba.
g.
Ruang (Space)
Ruang merupakan jarak
antara suatu bentuk dengan bentuk lainnya, ini dapat dijadikan unsur utnuk
memberi efek estetika desain dan dinamika desain grafis.
h. Ukuran
(Size)
Ukuran adalah unsur lain
dalam desain yang mendefinisikan besar kecilnya suatu objek.
i.
Warna (Color)
Dengan warna orang bisa menampilkan identitas, menyampaikan pesan
atau membedakan sifat dari bentuk-bentuk visual secara jelas.
Perkembangan Desain Grafik dari Berbagai Media
Pada awalnya media
desain grafis hanya terbatas pada media cetak dwi matra (dua dimensi). Namun,
perkembangannya semakin tidak terbendung, bahkan justru merambah ke dunia
multimedia (diantaranya audio dan video). Desain grafik juga diterpkan dalam
media elektronik yang sering kali disebut sebagai desain interaktif atau desain
multimedia. Batas dimensi pun telah berubah seiring perkembangan pemikiran
tentang desain. Desain grafik bisa diterapkan menjadi sebuah desain lingkungan
yang mencakup pengolahan ruang
Keberadaan desain
pemodelan grafik sangatlah dipengaruhi oleh budaya dan teknologi berkembang di
masyarakat. Salah satunya adalah ide, banyak sekali ide yang dihasilkan untuk
desain grafik berasal dari budaya yang ada dilingkungan sekitar. Tak sedikit
pula budaya Indonesia digunakan sebagai desain grafik. Contohnya adalah
kerajinan kain daerah seperti batik dan tenun, keramik, gerabah dan masih
banyak yang lainnya.
Kerajinan tradisional
daerah merupkan warisan turun-temurun dari nenek moyang yang sangat indah untuk
djadikan sumber pemikiran kreatif dalam melakukan pembuatan desain grafik.
Dengan berkembangnya teknologi ini, maka semakin mudah bagi generasi muda saati
ini untuk menciptakan karya desai grafis dengan waktu yang relatif singkat dan
banyak desain yang akan dihasilkan sehingga akan lebih efisien dalam waktu dan
segalanya.
Pengaruh lain dari budaya dan teknologi dalam desain pemodelan
garfis adalah periklanan. Pemilih iklan harus mengetahui peran yang dimainkan
oleh budaya, subbudaya dan kelas social pembeli. Budaya adalah penyebab paling
mendasar dari keinginan perilaku seseorang. Budaya merupakan kumpulan
nilai-nilai dasar, persepsi, keinginan san perilaku yang dipelajari oleh
seorang anggota masyarakat dari keluarga dan lembaga penting lainnya.
Desain Pemodelan Grafis dari Segi Interaksi Manusia
dan Komputer.
Interaksi manusia dan komputer
(bahasa Inggris: human–computer interaction, HCI) adalah disiplin ilmu yang
mempelajari hubungan antara manusia dan komputer yang meliputi perancangan,
evaluasi, dan implementasi antarmuka pengguna komputer agar mudah digunakan
oleh manusia.
Ilmu ini berusaha
menemukan cara yang paling efisien untuk merancang pesan elektronik. Sedangkan
interaksi manusia dan komputer sendiri adalah serangkaian proses, dialog dan
kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk berinteraksi dengan komputer yang
keduanya saling memberikan masukan dan umpan balik melalui sebuah antarmuka
untuk memperoleh hasil akhir yang diharapkan. Sistem harus sesuai dengan
kebutuhan manusia dan dirancang berorientasi kepada manusia sebagai pemakai.
Interaksi bisa dikatakan dialog antara user dengan komputer.
Model atau jenis interaksi, antara lain :
1. Command line interface
(perintah baris tunggal)
contoh : unix, linux, dos
2. Menu (menu datar dan menu tarik)
contoh : hampir semua software menggunakan menu
3. Natural language (bahasa alami)
contoh : bahasa pemrograman terstruktur (belum objek)
4. Question/answer and query
dialogue
contoh : mysql, dbase interaktif, dll
5. Form-fills and spreadsheets
contoh : excel, lotus, dll
6. WIMP
- Windows Icon Menu Pointer
- Windows Icon Mouse Pulldown Menu
yang termasuk komponen WIMP : button, dialogue boxes, pallettes, dll
Ilmu-ilmu yang berkaitan dengan IMK (Interaksi
Manusia & Komputer)
Teknik elektronika
& ilmu komputer
memberikan kerangka
kerja untuk dapat merancang sistem HCI
Psikologi
memahami sifat
& kebiasaan, persepsi & pengolahan kognitif, ketrampilan motorik
pengguna
Perancangan grafis
dan tipografi
sebuah gambar dapat
bermakna sama dengan seribu kata. Gambar dapat digunakan sebagai sarana dialog
cukup efektif antara manusia & komputer
Ergonomik
berhubungan dengan
aspek fisik untuk mendapatkan lingkungan kerja yang nyaman, misal : bentuk meja
& kursi kerja, layar tampilan, bentuk keyboard, posisi duduk, pengaturan
lampu, kebersihan tempat kerja
Antropologi
ilmu pengetahuan
tentang manusia, memberi suatu pandangan tentang cara kerja berkelompok yang
masing – masing anggotanya dapat memberikan konstribusi sesuai dengan bidangnya
Linguistik
merupakan cabang
ilmu yang mempelajari tentang bahasa. Untuk melakukan dialog diperlukan sarana
komunikasi yang memadai berupa suatu bahasa khusus, misal bahasa grafis, bahasa
alami, bahasa menu, bahasa perintah
Sosiologi
studi tentang pengaruh sistem manusia-komputer
dalam struktur sosial, misal adanya PHK karena adanya otomasi kantor
Sumber:
http://afrilieya.blogspot.co.id/2011/11/desain-pemodelan-grafis-dari-segi.html
0 komentar:
Posting Komentar