Senin, 09 Maret 2015

Ilmu Sosial Dasar sebagai salah satu MKDU

  1.   Pengertian

Ilmu Sosial Dasar
Ilmu yang mempelajari masalah – masalah sosial, khususnya masalah yang di wujudkan masyarakat dengan menggunakan fakta, konsep,  dan teori yang berasal dari pengetahuan keahlian dalam ilmu sosial seperti : sejarah, ekonomi, psykologi, antropologi.

Ilmu Pengetahuan Sosial
Suatu program pendidikan dan bukan sub-disiplin ilmu tersendiri, sehingga tidak akan ditemukan baik dalam nomenklatur filsafat ilmu, disiplin ilmu-ilmu sosial (social science), maupun ilmu pendidikan. Social Scence Education Council (SSEC) dan National Council for Social Studies (NCSS), menyebut IPS sebagai “Social Science Education” dan “Social Studies”. Dengan kata lain, IPS mengikuti cara pandang yang bersifat terpadu dari sejumlah mata pelajaran seperti: geografi, ekonomi, ilmu politik, ilmu hukum, sejarah, antropologi, psikologi, sosiologi, dan sebagainya.


  2.   Tujuan

Tujuan Umum
 Untuk pembentukan dan pengembangan kepribadian serta perluasan wawasan  perhatian, pengetahuan dan pemikiran mengenai berbagai gejala yang ada dan  timbul  dalam lingkungannya, khususnya gejala berkenaan dengan masyarakat dengan orang  lain, agar daya tanggap , presepsi, dan penalaran berkenaan dengan lingkungan sosial  dapat di pertajam.

Tujuan Khusus
  1.     Memahami adanya kenyataan sosial dan masalah sosial yang ada dalam masyarakat.
  2.     Peka terhadapat masalah sosial dan tanggal ikut serta dalam menanggulanginya.
  3.     Menyadari bahwa setiap masalah sosial yang timbul selalu bersifat kompleks dan        hanya dapat mempelajarinya.
  4.     Memahami jalan pikiran para ahli dalam bidang imu pengetahuan lain dan dapat          berkomunikasi dengan mereka dalam rangka penanggulangan  masalah sosial yang      timbul dalam masyarakat.


  3.   Kelompok llmu Pengetahuan

IPA Murni, meliputi Fisika, Kimia, Astronomi, Biologi, dll
Ilmu Sosial, meliputi Sosiologi, Ekonomi, Sejarah, Psikologi, dll
Kemanusiaan, meliputi Bahasa, Agama, Kesenian, dll.


  4.   ISD dan IPS

Perbedaan
  1.     ISD di berikan di Perguruan Tinggi, sedangkan IPS di berikan di sekolah dasar dan    sekolah lanjutan.
  2.     ISD merupakan mata kuliah tunggal, sedangkan IPS merupakan kelompok dari          sejumlah mata pelajaran.
  3.     ISD di arahkan kepada pembentukan sikap dan kepribadian, sedangkan IPS di            arahkan kepada pembentukan pengetahuan dan keterampilan intelektual.

Persamaan
  1.     Sama – sama ilmu yang mempelajari kemasyarakatan dan hampir memiliki ruang        lingkup yang sama.
  2.     Merupakan bahan studi untuk pembelajaran.
  3.     Terdiri atas Fakta dan Masalah sosial
.
  5.  Ruang Linkup ISD

3 golongan bahan pembelajaran ISD antara lain :
  1.     Kenyataan-kenyataan sosial yang ada dalam masyarakat, melupiti latar belakang          disiplin ilmu atau pandangannya.
  2.     Konsep-konsep sosial atau pengertian tentang kenyataan sosial dibatasi pada konsep    dasar yang sangat diperlukan untuk mempelajari masalah yang dibahas dalam ilmu      pengetahuan sosial.
  3.     Membahas masalah-masalah sosial yang timbul dalam masyarakat.

Sumber



0 komentar:

Posting Komentar