Kamis, 01 Januari 2015

Pemuda

Pemuda

Selain peran penting pemimpin di balik kemajuan bangsa ada peran hal lainnya yang sangat penting untuk membangun kemajuan bangsa yaitu peran para pemuda. Ya pemuda lah yang dapat mengubah pandangan orang terhadap bangsa dan menjadi penerus serta tumpuan generasi terdahulu untuk terus memajukan bangsa. Baik buruknya suatu Negara dilihat dari kualitas pemudanya, karena generasi muda adalah penerus dan pewaris bangsa dan Negara. Generasi muda harus mempunyai karakter yang kuat untuk membangun bangsa dan negaranya, memiliki kepribadian tinggi, semangat nasionalisme, berjiwa saing, mampu memahami pengetahuan dan teknologi untuk bersaing secara global. Pemuda juga perlu memperhatikan bahwa mereka mempunyai fungsi sebagai Agent of change, moral force and sosial kontrol sehingga fungsi tersebut dapat berguna bagi masyarakat.

Pemuda juga sangat berperan aktif dalam moral, sosial, perubahan perilaku bangsa. Dalam moral bisa di wujudkan dengan menumbuhkan aspek etika, moralitas pada masyarakat, memperkuat iman, dan meningkatkan kesadaran hukum. Di sosial diwujudkan dengan memperkuat wawasan kebangsaan, membangkitkan tanggung jawab, hak, dan kewajiban sebagai warga negara, membangkitkan sikap kritis terhadap lingkungan dan penegakan hukum, meningkatkan partisipasi dalam kebijakan public, dan memberikan kemudahan akses informasi di publik. Sebagai agen perubahan diwujudkan dengan mengembangkan pendidikan politik dan demokratisasi, sumberdaya ekonomi, kepedulian terhadap masyarakat, ilmu pengetahuan dan teknologi, olahraga, seni, dan budaya, kepedulian terhadap lingkungan hidup, pendidikan kewirausahaan, serta kepemimpinan dan kepeloporan pemuda.

Peran penting pemuda telah tercatat dalam sejarah perjuangan bangsa Indonesia yang dimulai dari pergerakan Budi Utomo tahun 1908, Sumpah Pemuda tahun 1928, proklamasi kemerdekaan tahun 1945, pergerakan pemuda, pelajar, dan mahasiswa tahun 1966, sampai dengan pergerakan mahasiswa pada tahun 1998 yang meruntuhkan kekuasaan Orde Baru selama 32 tahun sekaligus membawa bangsa Indonesia memasuki masa reformasi.

Masalah pemuda yang terbentang di hadapan kita sekarang sangatlah kompleks, mulai dari masalah pengangguran, krisis eksistensi, krisis mental hingga masalah degredasi moral. Budaya permisif dan pragmatisme yang kian membuat sebagian pemuda terjebak dalam kehidupan serba instant, hedonis, dan terlepas dari idealisme sehingga cenderung menjadi manusia yang anti sosial.

Dengan melihat degradasi perilaku dikalangan pemuda Indonesia saat ini mungkin membuat beberapa pemuda yang ingin berperan aktif dalam perubahan bangsa dan juga pemuda nantinya. Agar generasi muda nantinya tidak berulang kembali seperti saat ini, dan menjadi generasi yang lebih baik dari sebelumnya.


Majulah Pemuda Indonesia 

0 komentar:

Posting Komentar